Jumat, 10 Mei 2013

Perjalanan Dokter Internship Sumsel

Hari ini tepat dua bulan menjalani program internship di RSUD Dr. Sobirin, Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan. 
Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang 

Perjalanan Internship ini dimulai tanggal 4 Maret 2013. Bersama 3 teman lain dari UMY berangkat dari Bandar Udara Internasional Adi Sutjipto menuju Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta selanjutnya ke Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang. Setibanya di Palembang akhirnya saya dan teman-teman bertemu Prof. Mulyo dan Mb Noer (PJ Iship Sumsel, yang awalnya dikira ibu-ibu, eh ternyata masih imut-imut, hehee).

Dari bandara kami segera menuju ke Hotel Rio yang sudah disediakan Dinkes Propinsi Sumsel. setiba di hotel sudah banyak teman-teman dari universitas lain yang sudah tiba (ada dari UNPAD, Trisakti, Maranata). Setelah berkenalan, akhirnya kami sepakat bersama-sama keluar makan malam dan jalan-jalan di Palembang. 
Dinner Internship Sumsel  at River Side Restaurant.


Tanggal 5 Maret 2013, kami semua peserta Iship yang berasal dari berbagai universitas dan yang ditugaskan ke wahana-wahana yang ada di Sumsel dipertemukan di Dinkes Sumsel. Peserta iship saat itu sekitar 200an yang 80%nya adalah lulusan FK UNSRI. di pertemuan ini kami peserta iship dibekali tentang semua hal yang harus dan tidak seharusnya kami lakukan di wahana nantinya. Saat itu juga kami akhirnya bertemu dengan teman se-wahana, pembimbing wahana(juka hadir), direktur rumah sakit wahana dan beberapa pejabat daerah dan dinkes propinsi. Setelah itu dilanjutkan acara tanya jawab, yang pertanyaan dan jawabannya sama seperti pembekalan sebelumnya. Pembagian Log book yang harus kami isi selama 1 tahun menjalani iship. Dan yang terakhir adalah bagi-bagi uang saku dan  tansportasi selama pembekalan di palembang.
Makanan khas Palembang

Setelah pembekalan, ternyata masih ada waktu free sebelum memasuki wahana. Akhirnya kami yang mengikuti iship wahana Musi Rawas memutuskan pulang ke kampung halaman masing-masing. Kebetulan saya dan salah satu teman yang di Mura berasal dari BKL. jarak tempuh Palembang-BKL sekitar 12 jam. 

Setelah menikmati libur 3 hari di rumah, tanggal 10 Maret 2013 harus segera ke wahana Musi rawas, karena besoknya kami harus menjalani pembekalan di Dinkes Kabupaten Musi Rawas. Perjalanan dari tempat tinggal saya (Manna, Bengkulu Selatan) ke Musi Rawas itu sekitar 6-8 jam. 
RSUD DR. Sobirin, MURA

Tanggal 11 Maret 2013, kami menjalani pembekalan di Dinkes Kabupaten, di sana kami dibekali tentang hak dan kewajiban selama bertugas di wahana ini,  pembagian tempat (siapa yang dapat di RS dan siapa yang di Puskesmas) dan berkenalan dengan beberapa petugas yang bertanggungjawab terhadap pelaksanaan iship di wahana ini. Peserta iship di Wahana Mura berjumlah 17 dokter, 13 dokter lulusan UNSRI dan sisanya adalah kami dari UMY. setelah pembekalan di Dinkes kami segera ke RS wahana, disini kami mulai berkenalan dengan pembimbing selama iship, berkenalan dengan beberapa staf RS. 

Setelah pembekalan, hari berikutnya kami menjalani masa orientasi selama satu minggu. Seminggu orientasi kami berkenalan dengan para staf Rs, perawat dan bidan di bangsal, IGD, Lab, farmasi, ICU, dll s erta dokter-dokter IGD dan dokter spesialis yang ada di RS wahana yang akan kami tempati selama 8 bulan. Seminggu setelah orientasi kami mulai bertugas di tempat masing masing. Empat bulan pertama saya ada di IGD, selanjutnya saya ke bangsal RS dan terakhir di Puskesmas.

Setelah dua bulan menjalani iship di sini banyak pengalaman yang saya dapatkan, banyak cerita, banyak suka dan duka, banyak pelajaran hidup yang bisa dipetik Semoga pembelajaran yang didapat selama iship ini dapat bermanfaat buat perjalanan kami selanjutnya. 

Salam hangat,
Della MD

1 komentar:

  1. Kesannya gimana kak selama iship dipalembang?
    Lingkungan, pasien, financial, prospek buat spesialis

    BalasHapus